Lagi, Berkas BW Dikembalikan ke Bareskrim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Lagi, Berkas BW Dikembalikan ke Bareskrim

JAKARTA – Berkas kasus Wakil Ketua KPK non aktif Bambang Widjo­janto yang diajukan Bareskrim Polri ke Kejaksaan Agung kembali dinyata­kan belum lengkap. Pengembalian berkas ini sudah yang kedua kalinya. Bagaimana kalau dilimpahkan ke­tiga kali juga belum lengkap? Apakah kasus BW ini dihentikan atau tetap diteruskan ke penga­dilan?

Kepala Kejaksaan Agung, M Prasetyo mengatakan sebelum dikembalikan, berkas BW sudah terlebih dahulu diteliti oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Akan tetapi, mungkin masih membutuhkan pendalaman dan ada yang harus dilengkapi, maka berkas tersebut harus dikembalikan lagi kepada penyidik Bareskrim.

“Saya dapat kabar dari Jampidum, berkasnya sudah dikirim­kan ke JPU. Sesudah diteliti ada beberapa kekurangan. Mungkin butuh pendalaman-pendalaman. Biasanya seperti itu,” kata Prasetyo seperti dilansir rmol.co.

Ditanya, kira-kira bagian mana saja dari berkas BW yang masih perlu pendalaman serta apa saja yang masih dirasa kurang oleh JPU? Menjawab pertanyaan tersebut, Prasetyo menyarankan agar untuk bagian itu JPU yang lebih tahu. “Kalau mengenai itu, JPUyang lebih tahu. Tapi dengan dikem­balikannya berkas itu, pasti ada kekurangan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Prasetyo menegaskan dalam penanganan kasus BW akan tetap ditangani secara obyektif, profesional dan proporsional. Serta dilakukan pendalaman materi. Namun, Prasetyo mengungkapkan, seharusnya berkas BW sudah harus dilengkapi oleh penyidik Bareskrim.

“Kalau dilihat dari prosedur, berkas harus lengkap semua. Yang belum lengkap harus dilengkapi.  Setelah itu kita limpahkan ke persidangan. Kita harus mencari kebenaran materil dan kebe­naran hakiki,” tukasnya.

Apakah ada kemungkinan ka­sus BW di deponering? Prasetyo menegaskan, Deponering itu hanya bisa dilakukan atas pertimbangan ke­pentingan umum. “Kita harus kaji dulu, apa memang ada kepent­ingan umum yang terganggu. Apakah ada kepentingan umum yang terancam,” tegasnya. (hrm/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top