Pilgub Sulbar Didominasi Wajah Lama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pilgub Sulbar Didominasi Wajah Lama

FAJARONLINE — Pilgub Sulbar mendatang diprediksi tidak akan lepas dari pertarungan wajah lama. Diantaranya Salim S Mengga, Ali Baal Masdar, dan petahana wagub Aladin S Mengga yang pilgub lalu ikut bertarung.

Meski demikian, sejumlah wajah baru juga diprediksi bakal meramaikan bursa Pilgub Februari 2017 mendatang seperti Suhardi Duka, Muhyina Muin, Hendra Singkaru, Kalma katta, Hamzah H Hasan, Asri Anas dan Iskandar Muda BL.

Pertarungan sendiri bakal berjalan ketat dan dinamis, sebab tokoh-tokoh tersebut memiliki pengaruh politik cukup merata, dan secara geopolitik saling mempengaruhi.

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan dari segi popularitas dan apsetabilitas, Suhardi Duka (SDK), Ali Baal Masdar (ABM) dan Salim S Mengga masih teratas.

“Ketiganya punya keunggulan masing masing secara figuritas dan memang memiliki basis pendukung riil dan lebih kapabel menurut persepsi publik,” kata Suwadi, Senin 18 Mei.

Tetapi ketiga tokoh tersebut mesti mewaspadai figur Muhyina Muin, Hendra Singkaru, Kalma katta, Hamzah H Hasan, Asri Anas dan Iskandar Muda BL yang juga punya kans di pilgub mendatang.

Menurut Suwadi, untuk bisa mulus di pilgub Sulbar ada tiga hal yang wajib dipersiapkan. Pertama kekuatan politik yang juga berfungsi sebagai kendaraan, kedua kos (biaya) politik sebab dalam pertarungan pilkada gubernur dibutuhkan kerja kerja kreatif yang bervariabel dan juga menggerakkan tim dengan skup wilayah yang cukup luas.

“Yang ketiga dibutuhkan ahli strategi,” bebernya. Dalam hal ini peran konsultan politik dan lembaga survei sangat menentukan. Agar gerakan calon gubernur terstruktur, sistematis dan masif. Harapannya setiap kegiatan tepat sasaran dan kemenangan bisa diraih dengan biaya terkontrol. (nur)

loading...
Click to comment
To Top