120 OKP Nyatakan Tolak KLB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

120 OKP Nyatakan Tolak KLB

JAKARTA – Sedikitnya 120 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) menolak rencana Kongres Luar Biasa  (KLB) KNPI yang akan digelar 1 Juni (hari ini, red). Selain karena liar, wacana KLB tersebut hanya didukung sekitar 30-an dari 153 OKP di bawah KNPI. Artinya, dukungan pada KLB tidak memenuhi persyaratan.

Ketua Umum DPP IMM, Beni Pramula, mengaku elaksanaan KLB bukan hal haram dalam KNPI. Tapi jika tidak sesuai AD/ART, itu menyalahi kaidah. “Apalagi jika seolah-olah dilakukan orang per orang, itu nyata-nyata melanggar,” tegas Beni, kepada wartawan, Jumat 29 Mei 2015.

AD/ART KNPI memang mengatur KLB harus diusulkan secara tertulis oleh OKP yg berhimpun di KNPI sebanyak 50%+ 1. Demikian juga dengan dukungan  DPD KNPI Provinsi se-Indonesia. Sementara wacana KLB yang bergulir saat ini hanya didukung sekitar 30-an atau 20 persen dari total OKP.

Ketua Umum PP GMKI, Ayub Manuel selaku perwakilan OKP Mendesak DPP KNPI tidak sungkan menindak tegas dan melaporkan oknum pemuda yang mengatasnamakan KNPI untuk melaksanakan KLB.

“Kami imbau tokoh-tokoh bisa menahan diri memperalat pemuda. Kami mencium aroma keterlibatan salah satu pejabat di republik ini ikut sponsor gerakan ini,” kata Ayub.

Ayub berharap seluruh pemuda Indonesia untuk tetap solid dan semangat dalam beraktivitas dan tidak terpancing dengan wacana KLB.

Sementara itu, Ketua Umum Bakornas Fokusmaker, Irham Kaharuddin, meminta Muhammad Rifai Darus dan Sirajuddin Abdul Wahab  SAW sebagai Pimpinan Tertinggi KNPI hasil Kongres 14 di Papua tetap istiqomah menjalankan roda organisasi. OKP mendukung DPP KNPI untuk tetap fokus dalam menghadapi Rapat Kerja Nasional mendatang.

“Harus teguh untuk berjuang agar KNPI tidak dipecah-belah oleh oknum-oknum yang tidak menginginkan pemuda indonesia bersatu,” sambungnya.

“Kami juga meminta kepada Menpora untuk tidak terpancing atas wacana KLB yg digagas oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas Irham.

Seperti diketahui wacana KLB KNPI dihembuskan sejumlah OKP yang ternyata kalah bertarung saat kongres KNPI di Papua. Mereka merencanakan menggelar KLB 1 Juni. Rencana ini mengancam keutuhan OKP di bawah naungan KNPI. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top