FPR: PTPN XIV Hentikan Kriminalisasi Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

FPR: PTPN XIV Hentikan Kriminalisasi Petani

FAJAR ONLINE, MAKASSAR – Serikat Tani Polongbangkeng Kabupaten Takalar, LBH Makassar, Kontras, Agra Sulsel dan aktivis mahasiswa lintas Kota Makassar yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR) Sulsel berunjuk rasa di kantor PTPN XIV, Senin 1 Juni. Massa mendatangi kantor PTPN XVI sempat berdialog dengan Direksi PTPN, Jimmy Jaya didampingi Administrator, Johannes Pardede (Pemimpin Tertinggi PTPN Takalar) untuk menayakan kekerasan terhadap Petani Takalar.

Juru bicara FPR, Adam dari Aggra Sulsel menyebutkan dialog dengan para petinggi PTPN XIV tersebut berjalan l;ancar. Dalam dialog terbuka itu, massa meminta PTPN XIV Takalar menarik polisi, preman, serta unsur lain yang tidak punya kepentingan di lokasi. BUMN itu dinilai secara brutal telah mengarahkan para karyawan dan buruh perusahaan melawan petani Polongbangkeng dibantu aparat.

Hal yang tragis dialami seorang petani Polongbangkeng, Dg Puji. Nenek berumur 65 tahun itu dikrimalisasi dengan tuduhan melawan PTPN XIV.

Aparat Polres Takalar kemudian meyurati Dg Puji perihal pemanggilan klarifikasi atas tuduhan itu.

Massa juga menuntut Kapolda Sulselbar meninjau ulang kebijakan pengamanan konflik lahan hak guna usaha (HGU) petani melawan PTPN XIV, menghentikan pengolahan paksa lahan yang selama ini dikelola oleh petani Polongbangkeng. “Intimidasi dan teror kepada warga Polongbangkeng bebrerapa kali terjadi terhadap Petani Takalar,” tandasnya. (jai)

To Top