Gerindra Mendukung, Sediakan Pulau Buat Pengungsi Muslim Rohingya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gerindra Mendukung, Sediakan Pulau Buat Pengungsi Muslim Rohingya

JAKARTA-Partai Gerindra mendukung wacana agar Presiden Joko Widodo menyediakan tempat khusus bagi pengungsi Rohingya yang kini berada di Aceh Utara. Tempat khusus tersebut tidak boleh membaur dengan masyarakat. Atau dengan kata lain, para pengungsi Rohingya dipindahkan ke suatu pulau yang tak berpenghuni.

Wacana penyediaan pulau khusus bagi pengungsi Rohingya itu dilontarkan Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Senin, 1/6).

“Sudah kadung diterima. Di satu sisi bisa menjadi beban. Kita enggak bisa usir. Harus dicari jalan,” ujar anggota Komisi I DPR RI itu.

Menurutnya, pemerintah harus meniru langkah Presiden Soeharto yang menampung para manusia perahu Vietnam. Saat itu warga Vietnam yang melarikan diri menggunakan perahu ditampung di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau dari tahun 1979 hingga 1996. Total jumlah pengungsi di sana saat itu mencapai 250.000 jiwa.

“Mereka ditempatkan di pulau kosong agar tidak mengganggu rutinitas pemerintahan daerah,” tandas ketua Fraksi Gerindra itu. [zul/rmol]

loading...
Click to comment
To Top