Konservasi Hutan Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Konservasi Hutan Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

KENDAL – Aparat Sipil Negara dan para Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Kendal kembali mengikuti apel bersama di halaman gedung A Setda Kendal, Senin (1/6) . Apel kali ini sekaligus dimanfaatkan untuk peringatan hari bakti rimbawan dan lingkungan hidup tahun 2015.

Wakil Bupati, Mukh. Mustamsikin yang menjadi pembina apel, dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyatakan, untuk mendukung ketahanan energi nasional sektor kehutanan dan lingkungan hidup, pihak kementerian akan membangun 100 ribu HA hutan energi, 50 unit mikro hydro, 80% energi limbah, 5% energi sampah, serta peningkatan sebesar 80% indeks perilaku masyarakat terhadap penghematan energi.
Dikatakan bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca melalui kegiatan konservasi hutan, menunda izin baru konversi hutan dan lahan, memberantas illegal logging dan perambahan hutan.
Siti Nurbaya juga mengatakan bahwa ia juga tetap menyediakan lahan-lahan hutan yang rusak untuk kegiatan ekonomi agar tetap tersedia lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan sebagaimana ditargetkan pertumbuhan ekonomi akan mencapai sekitar 7% pada 2019.
“Kita tetap membangun dengan menjaga keanekaragaman hayati hutan-hutan tropis kita yang kaya flora dan fauna serta menjadi paru-paru dunia dan sebagai rumah besar masyarakat adat yang telah lama bermukim di dalam hutan. Selain itu, saya minta agar Rimbawan memperkuat pengetahuan tentang lingkungan hidup secara berkelanjutan dan peduli pada kebersihan lingkungan seperti konsep reduse, reuse, recycle (3R) sampah dan limbah B3. Artinya Rimbawan tidak hanya berpikir tentang hutan saja tetapi juga secara holistik dan konprehensif,” tegas Siti Nurbaya. (hms)

Click to comment
To Top