Lagi, Nelayan Pangkep Protes Larangan Pakai Kompresor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Lagi, Nelayan Pangkep Protes Larangan Pakai Kompresor

FAJAR ONLINE, PANGKEP – Nelayan Kabupaten Pangkep berunjuk rasa lagi, menolak pelarangan penggunaan kompresor saat melaut mencari ikan di kantor DPRD, Senin 1 Juni. Para nelayan dari Pulau Podang-podang, Sarappo Lompo, Sarappo Keke, Karanrang, Polewali, Saugi, dan Balang Lompo itu menyebutkan pelarangan menggunakan kompresor sama saja mematikan pencarian mereka.

Dalam orasinya, para nelayan mengatakan pelarangan kompresor juga sama dengan menghalangi aktivitas mereka dalam mencari nafkah di laut. “Kami hanya mau mencari nafkah bukan merusak. Kalau penegak hukum melarang, terserah, itu haknya,” ujar Muliyadi.

Meski menggunakan kompresor, namun mereka tidak merusak terumbu karang. Penggunaan kompresor dalam aktivitas mereka hanya untuk mencari teripang dan mencari ikan dengan ketapel (pappe). “Kami meresa terampas hak hidup kami atas Undang-undang pelarangan itu. Kami harap aturan itu ditunjau melalui otoda,” beber H Mannang nelayan lainnya. “Kalau masalah resiko kesehatan, itu resiko kami dalam mencari nafkah. Saya sudah 20 tahun menggunakan kompresor, tidak ada masalah,” tambahnya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top