Mantan Mendik Beri Kuliah Umum Unbos 45 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Mantan Mendik Beri Kuliah Umum Unbos 45

FAJAR OLINE, MAKASSAR – Menteri Pendidikan (Mendik) periode 2009-2014, Prof Dr Mohammad Nuh DEA memberi kuliah umum pada mahasiswa Universitas Bpspwa (Unbos) 45 di Balai Sidang 45, Senin 1 Juni. Kualiah umumnya bertemakan Peran Pendidikan dalam Menghadapi MEA”.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan diberlakukan akhir 2015 nanti. Masyarakat Indonesia, termasuk Makassar, harus mempersiapkan diri bisa bersaing dengan negara ASEAN lainnya. “Kita harus punya modal percaya diri bahwa Indonesia bukan bangsa sembarangan Tapi di desain menjadi bangsa besar,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2009-2014 tersebut.

Menurut Nuh, MEA merupakan pertarungan SDM. Negara yang siap SDM yang bakal bisa bertahan dalam pasar bebas tersebut. Karena itulah, peran kampus untuk bisa menciptakan generasi dengan SDM mumpuni. Ada tiga syarat yang mesti dipenuhi dalam menghadapi MEA, yaitu Attitute/karakter, skill/kemampuan, dan knowledge/pengetahuan. Tiga hal tersebut harus disiapkan dengan baik. “Makanya, Unibos 45 Makassar punya kesempatan bagus menyiapkan generasi yang memiliki daya saing. Karena pemenang adalah yang memiliki kemampuan daya saing,” kata Nuh.

Unbos 45 harus mengajari masiswanya tentang inovasi dan teknologi, memiliki produktivitas, dan mampu menghadapi masalah yang kompleks. Selai itu, perbanyak pelajari kawasan ASEAN, pelajari kondisi negara lain yang menjadi ‘lawan’ Indonesia dalam MEA. Yang dimaksud karakteristik menurut Nuh, mencakup beberapa hal di antaranya jujur, disiplin, dan empati. Selain itu cinta dan bangga menjadi warga Indonesia. “Yang paling utama dan penting berbakti pada orang tua,” pesan Nuh menutup kuliah umumnya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top