Pasar Johar Sementara akan Ditempati Ribuan Pedagang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pasar Johar Sementara akan Ditempati Ribuan Pedagang

SEMARANG – Pascakebakaran, Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, berusaha untuk membangun Pasar Johar sementara. Bahkan, sudah memasuki proses survei pembangunan pasar sementara yang rencananya di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah.

Kabid Kebersihan dan Pemeliharaan Dinas Pasar Kota Semarang, Nurcholis mengatakan, pembangunan Pasar Johar sementara yang berada di kompeks Masjid Agung Jateng diprediksi akan sulit selesai H+7 Lebaran. Alasannya, karena proses lelang yang diprediksi tidak akan berlangsung singkat.
“Pemkot siapkan tujuh hektare lahan, itupun yang mengurusi bukan kami. Saat ini Dinas Pasar menyediakan 4.800 lapak untuk ditempati di sana (Kompleks Masjid Agung),” jelasnya.
Sementara Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kota Semarang, Ayu Entys menjelaskan, untuk proses lelang dan pembangunan diperkirakan memakan waktu sampai dua bulan. “Dua bulan itu untuk proses lelangnya satu bulan, dan proses pembangunannya sekitar satu bulan,” jelas Ayu Entys, di Kantor Pemkot Semarang, Senin (1/6).
Pihaknya juga saat ini tengah berkoordinasi dengan Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K) untuk nasib bangunan Pasar Johar apakah akan diperhatikan atau akan dibangun baru. Targetnya, ujar Ayu, tahun ini proses DED akan selesai, dengan demikian pada 2016 akan selesai.
Dia pun berharap, daftar yang sudah dia terima saat ini, yaitu 4.719 pedagang yang terkena dampak kebakaran tidak membangkak.
Pasar Johar yang menjadi kebangaan masyarakat Jawa Tengah terbakar pada Sabtu, 9 Mei 2015 malam. Ribuan pedagang kehilangan tempat jualan. Mereka nantinya akan menempati pasar sementara di kompleks Masjid Agung. (*)

loading...
Click to comment
To Top