Pedagang Dicurigai Jual Makan Kadaluarsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pedagang Dicurigai Jual Makan Kadaluarsa

AMUNTAI – Bulan Ramadan semakin dekat. Permintaan akan kebutuhan pokok tentu akan meningkat dari bulan biasanya. Mengantisipasi oknum pedagang nakal yang tetap menjual dagangan meski kedaluarsa, Dinas Koperasi UKM Industri dan Perdagangan (Dikuperindag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan mewarning pedagang nakal.

Kasi Pengawasan, Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen Dikuperindag HSU Hj Hamsiatul Hikmah mengungkapkan, jelang Ramadan, pihaknya sudah melakukan pemantauan harga sekaligus mengingatkan pedagang tak menjual produk tak layak konsumsi.

Menurutnya, menjual barang kadaluarsa kepada konsumen merupakan tindakan berbahaya dan merugikan kesehatan bahkan dapat terkait dengan hukum perlindungan konsumen.

“Diingatkan saja si penjual. Biasanya mereka akan mengembalikan ke distributor produk meskipun ada yang “nakal” dan tetap maksa menjual,” kata Hamsiatul pada Radar Banjarmasin.

Disinggung akan adanya operasi pasar sebelum ramadan, Hikmah menjelaskan bahwa berkaca ditahun-tahun sebelumnya pihaknya bisa jadi akan menggelar operasi gabungan lintas sektoral. Seperti, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Pertanian, Majelis Ulama Indonesia HSU dan Satpol PP. (mar)

Click to comment
To Top