Pemeritah Harus Buka Dialog Dengan OPM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pemeritah Harus Buka Dialog Dengan OPM

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Muzani menilai langkah Presiden Jokowi yang beberapa kali bolak-balik ke Papua tidaklah optimal dalam langkah meredam aksi separatisme di bumi Cendrawasih tersebut.

Menurutnya, pemerintah tidak boleh mendiamkan tantangan perang terbuka dari Organisasi Papua Merdeka (OPM). Olehnya itu pemerintah segera menyelesaikan masalah separatisme di Papua.

“Lihat saja kedatangan Presiden Jokowi ke Papua tidak mendapat sambutan yang baik. Itu juga karena ada janji-janjinya selama kampanye yang dianggap warga Papua belum terealisasi,” kata Muzani di Gedung DPR, Senayan,  Senin (1/6).

Muzani juga menilai langkah penyelesaian separatisme di Papua oleh pemerintah masih belum maksimal. Terbukti, masih ada kelompok-kelompok separatis yang mengancaman pemerintah Indonesia. “Perundingannya masih belum menyeluruh dan terkesan setengah-setengah,” ujarnya.

Politisi Gerindra itu meminta pemerintah mengambil sikap terhadap tantangan terbuka OPM. Namun, jawaban atau sikap itu bukan melayani perang terbuka seperti apa yang disampaikan OPM. “Harus dibuka dialog menyeluruh dengan OPM. Ini harus dilakukan,” tutupnya.

Click to comment
To Top