Polwan Baru Longmarch 20 Km – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Polwan Baru Longmarch 20 Km

BATANG, RAJA – Jajaran Kepolisian Polres Batang mengadakan Pembinaan Tradisi (Bintra) kepada 19 brigadir Polwan baru yang ditugaskan di diberbagai pos di wilayah hukum Polres Batang. Mereka baru saja lulus dari pendidikan dan selanjutnya akan ditempatkan di beberapa Polsek.

Bintra kali ini dilakukan dengan longmarch dari lapangan Pandansari Warungasem Batang menuju halaman Polres Batang dengan menempuh jarak sekitar 20 kilometer dan terbagi menjadi 4 regu yang setiap regunya berisi lima bintara yang didampingi senior-seniornya. Jarak sejauh ini dibagi dalam tiga etape untuk beristirahat. Start dtandai dengan pengibaran bendera oleh Kapolres tepat pukul 13.30.  Menurut Kapolres Batang AKBP H. Joko Setiono, SIK, SH, MHum, Bintra ini sudah menjadi rutinitas yang dilakukan oleh beberapa Polres di Jawa Tengah yang bertujuan untuk menggembleng, mengenal medan dan mempererat tali persaudaraan antara senior dan yunior serta melatih Polwan remaja ini agar siap menghadapi tugas kapanpun dan dimanapun. Seharusnya yang ikut Bintra 20 Polwan tapi ada 1 yang sakit dan tidak bisa ikut. Sepanjang jalan para bintara muda ini tidak cuma berjalan tapi juga berlari, merayap di selokan berlumpur dan berguling mengikuti komando sehingga pakaian seragam mereka kotor belepotan. ”Ini bukan gojlokan tapi melatih ketahanan fisik dan mental karena tugas polisi tidaklah ringan. Mereka harus siap menghadapi medan seberat dan sekotor apapun demi tugas negara,” kata Kapolres.

Kapolres sendiri juga ikut longmach untuk memberi semangat, bahkan melakukannya dengan berlari sepanjang rute tanpa kelihatan lelah padahal matahari bersinar sangat terik. Sesampainya di halaman Polres para Polwan remaja ini mengikuti prosesi pembaretan sebagai tanda mereka sudah diterima dan siap bertugas. Sebelumnya perwakilan disiram air kembang oleh Kapolres dan mendapat wejangan agar menjaga amanat tugas serta saling menghormati sesama polisi.

Setelah itu seluruh Polwan yunior disemprot air oleh mobil pemadam kebakaran yang sengaja didatangkan untuk acara ini. Tapi tak hanya Polwan yunior yang disemprot, mentor, perwira dan polisi seniorpun tak luput dari guyuran karena mereka saling tarik untuk melampiaskan kegembiraan.

Bahkan Kapolres sendiri mengajak putra-putrinya untuk berbasah ria. Kasubag Humas Ipda Henry Toriyanto yang berusaha mengelak dikejar dan akhirnya digotong oleh rekan-rekannya  ke tengah lapangan dan diguyur. (feb)

To Top