PTUN Menangkan Gugatan Amir Ilyas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PTUN Menangkan Gugatan Amir Ilyas

FAJARONLINE, MAKASSAR — Sidang putusan PTUN Makassar siang tadi menyatakan menerima seluruh gugatan mantan Ketua Panwaslu Makassar, Amir Ilyas yang dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Bawaslu Sulsel pada November 2014 lalu.

Melalui putusan No5/G/PTUN.MKS/2015, menyatakan mengabulkan seluruh gugatan penggugat Amir Ilyas. Bawaslu dianggap melampaui kewenangannya dengan memecat Amir Ilyas pada laporan terkait administrasi di Pilwalkot Makassar, saat masa pilpres atau setahun lebih.

“Bahwa SK pemberhentian Bawaslu dianggap batal dan tidak sah karena tindakan menerbitkan SK melampaui batas kewenangan. Karena laporan pada saat pilwalkot Makassar, tetapi di berhentikan pada saat pilpres sehingga dianggap Bawaslu tidak berwenang memecat,” kata kuasa Amir Ilyas, Dede Arwinsyah via rilis, Senin 1 Juni.

Sebelumnya, pemecatan serupa juga digugat ke PTUN dan dimenangkan masing-masing oleh mantan Ketua KPU Sidrap, Syamsu Alam yang dipecat akhir April 2014, dan mantan Ketua Divisi Sosialisasi KPU Makassar, Armin yang dipecat 14 Nov 2014.

Armin memenangkan gugatan di PTUN Makassar pada 5 Mei lalu, meski untuk ketiga kasus diatas baik KPU dan Bawaslu Sulsel langsung mengajukan banding. (nur)

loading...
Click to comment
To Top