Sekjen Gerinda Usulkan Pulau Kosong Tampung Pengungsi Rohingya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Sekjen Gerinda Usulkan Pulau Kosong Tampung Pengungsi Rohingya

JAKARTA – Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerinda Ahmad Muzani mengusulkan ke Presiden Jokowi agar menyediakan pulau kosong untuk menampung pengungsi asal Rohingya.

Kepada sejumlah wartawan, Senin (1/6) di gedung DPR RI, Muzani mengemukakan usulan tersebut berangkat dari pengalaman pada zaman Presiden Soeharto sekitar tahun 80-an yang menyediakan pulau kosong untuk menampung pengungsi asal Vietnam.

“Kenapa tidak mencarikan pulau kosong saja untuk menampung para pengungsi itu. Negara kita kan masih banyak pulau-pulau kosong,” ujarnya.

Namun, lanjut dia, pemerintah harus berkoordinasi dengan badan pengungsi internasional UNHCR agar bisa didanai.

“Jadi kita tinggal menyediakan saja tempat untuk mereka. Yang lain-lain biar ditangani UNHCR,” katanya.

Ia menambahkan, ada hal positif lain yang bisa diambil jika pemerintah menyediakan pulau kosong untuk para pengungsi, yakni jika masalah di negra asal pengungsi sudah selesai dan kembali ke negaranya, pulau itu bisa jadi tempat wisata.

“Pulau kosong yang ditempati pengungsi asal Vietnam dulu kini jadi tempat wisata. Karena orang-orang Vietnam yang dulu pernah mengungsi di pulau itu maupun keluarganya banyak yang datang berkunjung ke tempat bersejarah buat mereka,” kata Anggota DPR Komisi I ini.

 

loading...
Click to comment
To Top