Singkong Gajah Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Singkong Gajah Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

TEMANGGUNG – Para petani di Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, saat ini tengah mengembangkan budi daya penamaman singkong/ketela bibit unggul jenis gajah milenium. Hal itu dilakukan karena singkong tersebut potensi hasilnya berkisar antara 25 kg hingga 40 kg setiap pohonnya.

Camat Selopampang Agus Megantoro, di kantornya Senin (1/6) mengatakan, pihaknya memprakarsai pengembangan ketela pohon gajah milineum tersebut, karena Kecamatan Selompampang memiliki potensi untuk pembudiayaan tanaman umbi-umbian itu.
Potensi lahan di Kecamatan Selopampang menjanjikan untuk pengembangan sektor pertanian, dan dari penduduknya juga mendukung, karena mayoritas bekerja di sektor pertanian.
Diungkapkannya, wilayah Kecamatan Selopampang merupakan kawasan pertanian yang meliputi 12 desa dengan luas 1.729 hektare, yakni terdiri atas persawahan 790 hektar, tegalan 561,73 hektar, pekarangan 306,18 hektar, hutan rakyat 29,60 hektar, dan lain-lain 41.49 hektar.
Berdasarkan potensi tersebut saat ini tengah dikembangkan penanaman singkong gajah milenium oleh petani dan sebagai uji coba dikembangkan di Desa Kebonagung. Selama ini petani hanya menanam ketela jenis lokal yang buahnya sedikit sehingga kurang menguntungkan.
Dengan menanam singkong gajah petani berpeluang meningkatkan kesejahteraannya karena singkong gajah produksi buahnya tinggi berkisar antara 25 hingga 40 kg per pohonnya dalam rentang waktu 9 bulan.
Ditambahkannya, pengembangan ketela pohon gajah milenium di Kecamatan Selopampang itu, juga dalam rangka pemberdayaan petani melalui diversifikasi tanaman pangan. Melalui demplot percontohan ketela pohon gajah milenium, Agus juga berharap, dapat mengubah pandangan petani terhadap ketela pohon sebagai tanaman bernilai ekonomi rendah. (hms)

loading...
Click to comment
To Top