UEFA Usul Piala Dunia Tandingan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

UEFA Usul Piala Dunia Tandingan

FAJARONLINE, LONDON — Eropa terus menunjukkan perlawanan terhadap terpilihnya kembali Sepp Blatter sebagai presiden FIFA. Kemarin, anggota Komite Eksekutif UEFA Allan Hansen mengusulkan Piala Dunia tandingan yang bertajuk European Championship.

Itu untuk mewadahi negara-negara UEFA atau di luar UEFA yang ingin memboikot Piala Dunia. Dikutip dari Daily Mail, Hansen sudah mengajukan usulan tersebut ke dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA sebelum terpilihnya Blatter sebagai Presiden FIFA untuk kelima kalinya, Jumat lalu, 29 Mei.

Karena tandingan, maka pesertanya pun berasal dari negara-negara yang menentang terpilihnya Blatter. Untuk sementara, usulan itu masih dalam bentuk draf kasar. Berbeda dengan Piala Dunia yang biasa digarap FIFA yang berlangsung empat tahunan, Piala Dunia tandingan nanti akan dilangsungkan dua tahun sekali atau di tengah-tengah pelaksanaan Euro alias Piala Eropa. Rencana itu akan dimatangkan di Berlin bersamaan dengan pelaksanaan final Liga Champions pada 6 Juni.

Walaupun masih belum diketahui apakah usulan radikal itu akan disetujui ke-54 anggota UEFA yang hadir, prospek Piala Dunia tandingan itu disebut cukup menjanjikan. Pihak sponsor yang sudah merasa kecewa dengan rangkaian kabar miring di FIFA pasti bakal merapat ke Piala Dunia tandingan itu.

Terlebih, di luar Prancis, Spanyol dan Rusia yang sudah jelas-jelas memberikan dukungan kepada Blatter, masih ada negara-negara besar Eropa lainnya yang menjadi magnet bagi sponsor dan hak siar televisi. Yaitu, Jerman, Italia, Belanda, Inggris. Atau bahkan Argentina dan Brasil yang masih bisa memikat hati sponsor. (arm/ars-sap)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 2 Juni 2015

loading...
Click to comment
To Top