Parah! Ingin Dapat Tunjangan Besar, PNS di Jakarta Berbuat Curang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Parah! Ingin Dapat Tunjangan Besar, PNS di Jakarta Berbuat Curang

JAKARTA – Ternyata penggunaan absen dengan sistem online belum bisa dijadikan patokan apakah seorang karyawan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) rajin atau tidak. Pasalnya, teknologi absen yang menggunakan sidik jari itu hasilnya masih bisa dimanipulasi.

Sistem absen online yang disusun oleh Pemprov DKI ternyata bisa diakali oleh PNS DKI. Tidak tanggung-tanggung, ternyata badan kepegawaian daerah (BKD) ikut serta dalam praktik nakal ini.

Sistem absen online ini digunakan sebagai patokan PNS DKI untuk menerima nilai Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Dinamis yang diterima setiap tiga bulan sekali. Angka TKD Dinamis yang mencapai puluhan juta ternyata membuat PNS DKI menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya, termasuk curang.

“Biasanya kalau absen langsung masuk mau itu jam berapapun. Tapi ternyata ada yang dibenarkan dulu si BKD baru dimasukkan ke dalam sistem,” ujar Kepala Inspektorat DKI Jakarta Lasro Marbun kepada wartawan di Jakarta (Selasa, 2/6).

Lasro enggan menjelaskan cara sistem yang dieluk-elukkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu bisa diutak-atik dengan mudahnya oleh PNS DKI. Ia hanya menjelaskan bila pihaknya akan memanggil BKD besok (Rabu, 3/6).

Namun begitu, Lasro memastikan bahwa PNS DKI mampu menembus sistem absen online yang dibuat oleh BKD. Bahkan, ia tak menampik bila alat absen tersebut teramat sederhana.

“Alat kita mungkin sederhana. Jadi kalau terlambat ya terlambat saja,” katanya.

Lasro juga enggan memberitahu dinas mana saja yang berlaku curang demi angka TKD Dinamis puluhan juta ini.  “Nanti dong ha-ha-ha,” tutupnya. (ian/RMOL)

Click to comment
To Top