Timnas U-23 Diminta Fokus ke Pertandingan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Timnas U-23 Diminta Fokus ke Pertandingan

JAKARTA – Di tengah situasi persebakbolaan tanah air yang tengah dikenakan sanks oleh FIFA, Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga di pertandingan perdana mereka di Grup A SEA Games 2015 melawan Myanmar U-23 di Stadion Jalan Besar, Selasa (2/6).

Seperti diketahui, meski di sanksi FIFA, namun Timnas U-23 diperbolehkan untuk mengikuti SEA Games kali ini. Akan tetapi ini tidak mudah bagi Tim Garuda, pasalnya beban psikologis menghinggapi pemain paska jatuhnya sanksi FIFA terhadap Indonesia. Tuntutan meraih kemenangan pun sangat tinggi, seperti yang ditarakan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Pelatih timnas U-23 Aji Santoso pun meminta anak asuhnya agar melupakan semua kekisruhan persepakbolaan nasional dan fokus mengikuti SEA Games 2015.

“Tidak mudah mengubah psikologi pemain, karena mereka sudah mengetahui adanya sanksi FIFA. Kami merasa sedih. Tapi kami akan mengubah kesedihan itu menjadi motivasi untuk mewujudkan target,” kata Aji.

Di laga nanti, Aji mewaspadai kecepatan penggawa Myanmar. Kemenangan wajib direbut untuk memuluskan langkah mereka menuju semi-final. Karena itu, Aji meminta anak asuhnya agar selalu menjaga konsentrasi.

“Myanmar tim kuat, mereka mengandalkan kecepatan. Saya mita pemain fokus, dan bermain disiplin. Saya sudah menemukan formula untuk meredam permainan Myanmar,” imbuh Aji.

Menghadapi Myanmar, Aji akan mengandalkan Yandi Sofyan sebagai targetman. Minimnya penyerang membuat Aji menjadikan Yandi sebagai striker tunggal dengan dukungan Evan Dimas dan Ahmad Nufiandani dari lini kedua.

Di lain sisi, pelatih Myanmar Kyi Lwin mengungkapkan, duel melawan Indonesia tidak akan berjalan mudah. Menurutnya, para pemain harus bekerja keras untuk meredam permainan Garuda Muda.

“Indonesia merupakan lawan yang kompetitif. Kami harus meraih kemenangan di pertandingan pertama melawan Indonesia, sehingga mempermudahkan jalan kami di laga berikutnya,” kata Kyi Lwin.

Kyi Lwin kemungkinan bakal melakukan perombakan komposisi pemain. Aung Sithu yang sebelumnya kerap dijadikan sebagai bek tengah, akan dikembalikan ke posisinya sebagai winger kiri. Tempat Aung Sithu dipercayakan kepada Win Zin Oo.

 

Perkiraan Pemain Timnas U-23:

Kiper : Muhammad Natshir

Belakang : Syaiful Indra, Hansamu, Manahati, A Lestaluhu

Tengah : Adam Alis, Zulfiandi Nufiandani, Evan Dimas, Wawan

Depan : Yandi Sofyan

loading...
Click to comment
To Top