Hati-hati Pakai Sepatu Hak Tinggi, Ini Bahayanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hati-hati Pakai Sepatu Hak Tinggi, Ini Bahayanya

JAKARTA-Wanita yang terlalu sering menggunakan heels atau sepatu hak tinggi secara teratur memicu terjadinya efek berbahaya jangka panjang.

Menurut penelitian terbaru, wanita yang rajin memakai heels berpotensi besar untuk mengalami ketidaksembilangan kaki yang membahayakan berujung keseleo.

Dalam penelitian terbaru itu ditemukan bahwa meskipun awalnya heels memperkuat otot-otot penting di sekitar pergelangan kaki, namun bila digunakan rutin setidaknya selama tiga tahun berturut-turut, heels bisa menyebabkan beberapa otot menjadi dominan dan meningkatkan resiko keseleo.

“Saat heels saat ini menjadi mode dan kerap diperlukan dalam profesi tertentu, banyak wanita yang mungkin tidak menyadari sejauh mana heels bisa melemahkan keseimbangan dinamis,” kata Dr Yong-Seok Jee, dari Hanseo University di Korea Selatan seperti dimuat Daily Mail(Selasa, 2/6).

“Akhirnya, kecelakaan besar seperti jatuh dan keseleo pergelangan kaki seirus dapat terjadi,” tambahnya.

Penelitian itu dilakukan terhadap 40 orang wanita profesional yang mengenakan heels setidaknya setinggi 10 cm sebanyak tiga kali seminggu. Tim peneliti secara teratur mengukur kekuatan pergelangan kaki pada wanita tersebut.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa dua dari empat otot utama mulai menjadi dominan setelah satu hingga tiga tahun menggunakan heels secara teratur.

“Hasil ini menunjukkan bahwa memakai heels dapat memperkuat otot-otot pergelangan kaki pada awalnya. Tapi penggunaan jangka panjang akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan otot-otot,” sambungnya dalam laporan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Clinical Practice.

Dr Jee menambahkan, efek lain yang bisa dihadapi pengguna heels teratur adalah cacat kaki, sakit punggung, serta pola berjalan yang tidak sehat.

Penemuan tersebut diharapkan bisa membuat perempuan lebih waspada dan mengambil langkah pencegahan dengan memperhatikan seberapa sering heels dipakai. Dr Jee juga merekomendasikan agar pengguna heels rajin melakukan latihan pergelangan kaki dengan cara berjalan dengan tumit. mengangkat bola di kaki, atau menekan jari kaki. [mel/rmol]

loading...
Click to comment
To Top