Petugas Verifikasi Harus Mencatat Hingga ke Pelosok Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Petugas Verifikasi Harus Mencatat Hingga ke Pelosok Desa

KENDAL – Petugas verifikasi dan validasi data persoalan sosial harus mencatat informasi terkait warga yang didata sampai ke penjuru pelosok desa, sehingga informasi yang diperoleh benar-benar valid.

Hal itu diungkapkan Bupati Kendal, Jawa Tengah, dr. Widya Kandi Susanti, MM di hadapan para koordinator kecamatan dan verifikator desa dalam kegiatan Bimbingan Teknis Verifikasi dan Validasi Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK) dan Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial/Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Kabupaten Kendal, di Pendopo Agung Pemkab Kendal, Rabu (3/6).
Bupati minta para petugas agar bekerjasama dengan petugas BPS di lapangan supaya hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.
Menurutnya, petugas verifikator mesti bisa menyampaikan informasi pada masyarakat setempat sehingga warga yang tidak menerima bantuan bisa legowo karena masyarakat lain lebih memerlukan bantuan tersebut, menjumpai penerima bantuan yang tidak tepat sasaran sebagai bahan perbaikan data base setiap enam bulan sekali.
Dalam melaksanakan verifikasi dan pendataan lanjut bupati, harus selalu berpedoman pada Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 146/HUK/2013 tentang Penetapan Kriteria fakir Miskin Dan Orang Tidak Mampu, sehingga kesalahan penetapan warga miskin tidak salah dan di kemudian hari tidak memicu terjadinya protes warga yang layak menerima apa lagi sampai terjadi kontak fisik secara arogan yang merugikan kedua belah pihak.
Berdasarkan hasil verifikasi data PBIJK tahun 2015 penduduk miskin Kabupaten Kendal sebanyak 446.069 jiwa. Sebanyak 349.617 jiwa merupakan peserta PBIJK Jamkesmas, 4.251 jiwa merupakan peserta PBIJK Jamkesda Provinsi dan 92.201 jiwa adalah peserta PBIJK Jamkesda Kabupaten.
Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan data masyarakat miskin sebelumnya yang hanya berjumlah 397.540 jiwa. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top