Presiden Diminta Segera Sodorkan Nama Calon Panglima TNI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Presiden Diminta Segera Sodorkan Nama Calon Panglima TNI

JAKARTA – Presiden Joko Widodo diharapkan segera menyodorkan nama calon Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Moeldoko selambat-lambatnya tanggal 19 Juni.

Ini diutarakan anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin sebab, DPR akan kembali memasuki masa reses pada 10 Juli, agar Panglima TNI yang baru dapat dilantik setidaknya pada akhir Juli nanti.

Lanjut dia, hal ini mengacu pada pasal 13 ayat 2 Panglima TNI diangkat dan diberhentikan Presiden setelah mendapat persetujuan DPR dan dalam pasal 13 ayat 6 calon Panglima disampaikan paling lambat 20 hari sejak diterima oleh DPR

“DPR akan reses mulai tgl 10 Juli sampai awal Agustus maka 20 hari sebelum 10 Juli atau paling lambat 19 Juni presiden sudah harus menyerahkan nama calon panglima TNI ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan,” kata TB Hasanuddin melalui keterangan tertulisnya, Rabu (3/6).

Menurut dia setidaknya ada empat tugas prioritas yang harus diemban oleh Panglima TNI yang baru. Pertama, meningkatkan disiplin dan  profesionalisme prajurit, kedua melanjutkan pengembangan alut sista melalui program MEF.

“Ketiga meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keempat menyelesaikan masalah sengketa tanah dengan rakyat,” kata dia.

loading...
Click to comment
To Top