Siapa yang Lebih Hebat, Messi atau Pele? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Siapa yang Lebih Hebat, Messi atau Pele?

PARIS — Perdebatan tentang siapa yang lebih hebat antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo, tampaknya harus segera diakhiri. Seiring sukses Messi membawa timnya menjuarai Liga Primera Spanyol, Copa del Rey, dan selangkah lagi mengamankan trofi Liga Champions, superstar Barcelona tersebut kini disandingkan dengan legenda lainnya.

Adalah majalah Prancis, France Football yang memancing perdebatan publik tentang siapa yang terbaik antara Messi dengan legenda hidup sepak bola, Pele.

“Jika Messi mampu memenangkan trofi Liga Champions keempatnya, dia sudah layak disebut sebagai pesepak bola terbaik dalam sejarah. Dia layaknya seorang maestro seperti halnya Pele,” tulis France Football.

Soal ketajaman, Messi memang layak dibandingkan dengan Pele, meski nama terakhir masih tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola. Ketiga masih berusia 20 tahun, Pele sudah mencetak 300 gol. Hingga akhir kariernya pria asal Brasil tersebut mencetak 1.281 gol dalam 784 pertandingan resmi.

Messi? Sebentar lagi dia akan merayakan ulang tahun ke-28. Total sudah melakoni 11 musim sebagai pemain profesional. Dia telah mencetak 500 gol untuk Barcelona dan Timnas Argentina.

Rekor gol terbanyak Pele dalam satu musim adalah 66 gol pada 1956 (100 gol di tahun 1959 dan 110 gol di tahun 1961 jika digabungkan dengan laga eksibisi). Sementara Messi mencetak 91 gol di musim 2012 (96 gol termasuk laga uji coba).

Soal penghargaan, Messi sudah empat kali menjadi pemain terbaik dunia. Pele di eranya belum ada penganugerahan seperti itu, namun terpilih sebagai pemain terbaik abad ke-20 bersama Diego Maradona.

Menurut France Football, satu-satunya perbedaan antara keduanya trofi Piala Dunia. Pele sudah tiga kali merayakannya bersama Brasil, sementara Messi sejauh ini baru bisa meloloskan Argentina ke final Piala Dunia 2014 lalu. (ilo)

loading...
Click to comment
To Top