Tingkatkan Mutu Kesehatan Jiwa , Walikota Salatiga Peduli Depresi Warganya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tingkatkan Mutu Kesehatan Jiwa , Walikota Salatiga Peduli Depresi Warganya

SALATIGA – Kesehatan jiwa dewasa ini telah menjadi masalah global di hampir semua negara. Hal ini dinilainya sebagai dampak globalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi. Bahkan, tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan tersebut. Akibatnya tanpa mereka sadari, mungkin telah mengalami masalah kesehatan jiwa seperti depresi hingga kecemasan yang tinggi. Demikian diungkapkan Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM kepada Rakyat Jateng (Fajar Grup), Rabu (3/6).

“Masalah kesehatan jiwa itu merupakan masalah yang hampir semua negara mengalaminya dan ini menjadi masalah global. Bahkan, tidak semua orang punya kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan. Dari sini, bagaimana kita semua menyikapinya sehingga kedepannya tidak menjadikan kita depresi maupun muncul kecematan tinggi,” kata Yuliyanto, yang juga mantan anggota DPRD Kota Salatiga.
Ditambahkan, pihaknya memberikan apresiasi dan dukungannya dengan berbagai upaya demi meningkatkan mutu kesehatan jiwa masyarakat. Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh Pemkot Salatiga terhadap program kesehatan jiwa ini pada tahun 2012 lalu, Kota Salatiga telah dinyatakan menjadi kota ‘Bebas Pasung’.
Ini harus tetap ditingkatkan demi mencegah munculnya kasus baru, sehingga Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) sangat penting untuk diaktifkan kembali.
“Tim ini yang pernah terbentuk, saatnya kini harus diaktifkan kembali,” tandas Yuliyanto. (hes)

loading...
Click to comment
To Top