Ada Penimbunan, Diproses Pidana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ada Penimbunan, Diproses Pidana

PATI, RAJA – Menjelang bulan puasa, Disperindag mulai menyiapkan tim untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran kebutuhan pokok itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Riyoso melalui Kabid Perdagangan Sutikno Edi mengatakan, meski kenaikan harga begitu sulit dibendung, namun pihaknya mengaku akan tetap melakukan pengawasan di lapangan.

Pengawasan itu dikatakannya dilakukan sebagai langkah kontrol terhadap distribusi kebutuhan pokok di masyarakat. Baik dari segi kualitas, ketersediaan barang, maupun kontrol distribusi barang dengan pengawasan seperti halnya elpiji 3 kilogram. ”Kami akan bentuk tim gabungan. Termasuk nantinya merangkul anggota dari Polres Pati maupun dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK),” terang Edi. Terkait kualitas barang yang dimaksudkan adalah melakukan pengecekan bahan, kondisi barang, hingga tanggal kedaluarsa.

Pasalnya dengan tingginya permintaan barang selama bulan Ramadhan tak jarang memunculkan barang dengan kondisi yang kurang baik. ”Secara rutin saat Ramadan kami juga kerap menggelar sidak di lapangan. Tidak hanya di toko biasa, pasar, hingga swalayan juga kami datangi untuk memastikan kualitas dari kebutuhan pokok itu sendiri,” tuturnya.

Penimbunan

Sementara untuk ketersediaan barang ditekankan kepada tersedianya barang di pasaran. Pihaknya tidak berharap adanya penimbunan kebutuhan pokok khususnya barang dengan pengawasan. ”Ketika memang ada yang terbukti melakukan penimbunan maka bisa saja diproses secara pidana. Terlebih dalam melakukan pengawasan kami juga turut menggandeng pihak kepolisian,” tuturnya. (pt)

loading...
Click to comment
To Top