Gunung Slamet Tidak Stabil, Ini Pesan Mbah Rono – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gunung Slamet Tidak Stabil, Ini Pesan Mbah Rono

PURBALINGGA, RAJA – Aktivitas Gunung Slamet hingga saat ini masih berstatus waspada. Sebab, gunung api di bagian barat Jawa Tengah itu masih bergejolak.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono. Pria kelahiran Cilacap itu meminta kepada warga di lereng Gunung Slamet untuk tetap waspada. “Meskipun aktivitas berjalan normal, namun warga juga tetap diminta waspada. Yang pasti larangan mendaki hingga ke puncak belum dicabut,” kata pria yang lahir di Cilacap pada 8 Juli 1955 itu.

Sejauh ini status gunung tertinggi di Jawa Tengah itu masih pada level waspada. Surono menjelaskan, berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas vulkanik Gunung Slamet belum stabil dan gempa hembusan masih terus berlangsung. “Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif dan saat ini berstatus waspada. Jadi gempa hembusan tetap terjadi,” katanya.

Tercatat ada aktivitas kegempaan pada tanggal 31 Mei pukul 06.00 hingga 1 Juni pukul 06.00. Terekam pula satu kali gempa tektonik jauh dan 829 kali gempa hembusan. (JP)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top