Jelang Ramadhan, Harga Sembako Ini Justru Turun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Ini Justru Turun

LUBUKLINGGAU – Menjelang bulan suci Ramadhan ternyata tidak semua harga bahan pokok mengalami kenaikan harga. Buktinya, dipasaran masih ada beberapa bahan pokok yang harganya stabil bahkan justru ada pula mengalami penurunan harga.

Tetap stabil bahkan menurunnya harga sembako dikarenakan masih banyaknya stok yang tersimpan. Harga yang stabil, seperti  daging Rp90 ribu per kg, gula Rp12 ribu per kg, dan beras mulai Rp8.500, Rp9 ribu hingga Rp11 ribu.

“Harga kebutuhan pokok di pasaran tetap stabil karena stok barangnya banyak,” ujar Kasi Pengawasan Barang Beredar dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lubuklinggau, Zon Maryono, kemarin.

Sementara, harga sembako yang turun, seperti bawang putih dari Rp22 ribu menjadi Rp20 ribu per kg dan cabai rawit dari Rp28 ribu turun menjadi Rp24 ribu. “Harga turun akibat stoknya banyak, otomatis turun,” ujarnya.

Lalu apa saja sembako yang mengalami kenaikan harga hingga 8 sampai 12 persen? Bahan pokok tersebut diantaranya telur Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu per karpet, daging ayam Rp26 ribu menjadi Rp30 ribu per kg, cabai merah Rp36 ribu naik Rp40 ribu per kg.

Lalu, bawang merah Rp36 ribu naik Rp40 ribu per kg. Minyak goreng merek dari Rp11 ribu menjadi Rp12.500 per kg dan minyak goreng curah dari Rp11 ribu menjadi Rp12 ribu. “Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua hari terakhir. Diprediksi kenaikan sembako akan terus merangkak naik,” tandasnya. (wek/ce4/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top