Jokowi Utang di Luar Negeri Rp 32,5 Triliun, Mana Janjimu Pak Presiden? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jokowi Utang di Luar Negeri Rp 32,5 Triliun, Mana Janjimu Pak Presiden?

JAKARTA-Untuk kesekian kalinya Presiden RI Joko Widodo mengingkari janji kampanye. Kali ini, Jokowi ingkar dengan menambah porsi utang ke Bank Dunia sebesar Rp 32,5 triliun.

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Nurjaman Cente for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman kepada Kantor Berita Politik RMOL (Grup Fajar), Kamis (4/6).

Dulu, lanjut dia, Jokowi juga pernah mengatakan anggaran subsidi BBM yang jumlahnya Rp 1300 triliun akan dialihkan untuk kegiatan pembangunan infrastruktur dan transportasi. Nyatanya, hingga saat ini belum menunjukan hasil apa-apa padahal subsidi BBM sudah dicabut.

“Sementara utang Indonesia keluar negeri malah bertambah Rp 35 triliun yang sebelumnya berjumlah Rp 2.600 triliun,” sambung Jajat.

Presiden Jokowi, kata dia, harus bisa menjelaskan maksud dan tujuan dari penambahan utang sebesar Rp 35 triliun tersebut, sehingga rakyat bisa paham kemana anggaran tersebut disalurkan.

Dilanjutkan Jajat, jika dana tersebut digunakan untuk menambah pembangunan infrastruktur dan transportasi harus dijelaskan juga bagaimana progresnya. Hal itu penting agar tidak menimbulkan berbagai spekulasi negatif.

“Menambah utang negara berarti beban negara juga bertambah, dan mau tidak mau rakyat juga akan terkena dampaknya. Kebijakan menghapus subsidi BBM merupakan kado terpahit bagi rakyat, jangan lagi bebankan rakyat dengan utang negara yang begitu besar,” demikian Jajat. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
To Top