Legislator Ancam Tolak APBD-P – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Legislator Ancam Tolak APBD-P

FAJAR ONLINE, BARRU – Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru ramai-ramai membuat anggaran parsial susuai peraturan bupati (perbup) Nomor 18/2015 9 April5 lalu tentang pembuatan APBD parsial. Anggaran itu bertujuan menutupi kekurangan anggaran pokok ddalam APBD 2015 yang nantinya dimasukkan ke APBD-P.

Salah satu SKPD yang diketahui telah membuat anggaran parsial dan sudah mengaplikasikan pada beberapa proyek yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU). SKPD itu menambah anggaran pengerjaan jalanan hingga Rp47 miliar yang sebelumnya hanya Rp70 miliar.

Hal itu membuat legislator geram. Dalam undang-undang penganggaran tak ada istilah anggaran parsial untuk dimasukkan dalam perubahan. Selain itu, para legislator juga mengaku kecewa mengingat dalam penganggaran hingga tender proyek jalan u tak satu pun anggota dewan dilibatkan. Melalui Wakil Ketua DPRD Barru, Rahman Hasan, Fraksi Nasdem menolak anggaran perubahan yang memasukkan proyek pengerjaan jalan dengan menggunakan dana parsial. “Kami akan tolak anggaran perubahannya karena proyek itu dialokasikan dana parsial. Tidak ada istilah anggaran parsial masuk ke perubahan. Yang ada, hanya APBD dan APBD-P. Ini sudah menyalahi undang-undang,” ujarnya dalam jumpa pers di warkop Idola, Kamis 4 Juni.

Dia pun menjelaskan, proyek ini sudah mulai dikerjakan kontraktor. Dalam ULP, dua paket pengerjaan jalan sebesar Rp47 miliar itu sudah ada pemenang tendernya. “Anggaran yang kami ketahui dan kita sahkan dalam APBD pokok hanya Rp70 miliar saja. Sampai saat ini sudah dikerjakan semua dan anggaran yang tersisa Rp2 miliar saja. Tapi tiba-tiba ada anggaran parsial sebesar Rp47 miliar untuk dua paket proyek jalan,” ungkapnya.(syl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top