Mahasiswa UNM: Cabut UUPT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Mahasiswa UNM: Cabut UUPT

FAJAR ONLINE, MAKASSAR – Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Cabut UU PT (Pecat UUPT) berunjuk rasa ukeliling fakultas di UNM Gunungsari, Kamis 4 Juni. Massa gabungan lima fakultas tersebut bertujuan mengkampanyekan rencana pencabutan UU pendidikan tinggi.

Dalam penelusuran mereka, UUPT sarat potensi liberalisasi, privatisasi dan komersialisasi sektor pendidikan. “Ini terbukti adanya kebijakan UKT yang diatur dalam peraturan menteri Nomor 55/2013 dan 73 tahun 2014. Dalam kebijakan tersebut pemerintah seolah mengarahkan pemahaman,” ujar juru bicara mahasiswa, Ilham, Kamis 4 Juni.

Ilham dalam orasinya menyatakan UU Pendidikan Tinggi (UUPT) yang melahirkan sistem pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) membuat masyarakat makin sulit menempuh pendidikan di perguruan tinggi. “UKT yang merupakan turunan UUPT malah menjadikan biaya kuliah semakin mahal setiap tahun,” katanya.

Kelompok mahasiswa itu juga membagikan selebaran analisis pada mahasiswa yang ada di fakultas. Koordinator aksi, Akhsan mengatakan aksi mereka sebagai bentuk kampanye atau penyebarluasan informasi pada mahasiswa lain agar tergerak dan memperbesar kekuatan.

“Salah satu target aksi kita hari ini menyebarkan hasil temuan kami terkait banyaknya kekeliriuan dalam implementasi UKT di UNM. Kami juga sampaikan ke mahasiswa telah terbentuk aliansi mahasiswa beberapa kampus di Makassar untuk mencabut UUPT yang merupakan payung hukum UKT,” tandasnya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top