Parepare Jadi Gerbang Internasional, Pemkot Simulasi Ebola – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Parepare Jadi Gerbang Internasional, Pemkot Simulasi Ebola

FAJAR ONLINE, PAREPARE – Pelabuhan Parepare menjadi salah satu gerbang utama jalur internasional di Sulsel. Pengawasan ketat dibutuhkan mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, seperti penularan penyakit berbahaya. Salah satu langkah yang dilakukan pemkot bersama tim pengamanan pelabuhan, simulasi penularan penyakit menular berbahaya, di antaranya ebola, Kamis 4 juni.

Dalam simulasi, dua anak buah kapal (ABK) KM Pantakrator dilaporkan mengalami demam tinggi dan sesak nafas. Keduanya diduga terserang human infections with a new avian influenza A (H7N9) disertai virus flu burung radang saluran pernafasan yang disebabkan virus influenza A subtipe H7N9. Kapal itu kemudian dikarantina dan dilarang sandar di pelabuhan.

Tim gabungan pencegahan masuknya virus yang terdiri dari aparat Polsekta Pelabuhan Nusantara, Dinas Kesehatan, BPBD, KSOP dan seluruh otoritas pelabuhan, langsung disiagakan. Evakuasi korban pun dilakukan dnegan penuh dramatis. Dua ABK itu dikarantina dan langsung dilarikan ke RSUD untuk mendapatkan penganan intensif agar penyakitnya tak menular. Selain itu, penumpang kapal itu pun mendapatkan karantina untuk disterilkan kemungkinan tertularnya virus penyakit ebola itu.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar dr Lucky Tjahjono, mengatakan simulasi tersebut untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan dalam menangkal penyakit menular yang merasahkan. “Mengingat pelabuhan Ajatappareng merupakan salah satu pintu masuk negara, maka peningkatan fasilitas termasuk kooordinasi dan komunikasi untuk keselamatan masyarakat,” katanya. (syl)

Click to comment
To Top