Pemerintah Pesantrenkan Anak Rohingya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pemerintah Pesantrenkan Anak Rohingya

FAJAR ONLINE, POLEWALI — Pemerintah akan memperhatikan nasib para pengungsi muslim Rohingya. Perhatian itu akan diberikan pada anak anak Rohingya hidup sebatang kara atau yatim piatu.

Menteri Sosial Khafifah Indar Parawangsa menjelaskan pemerintah tetap memperhatikan nasib mereka. “Utamanya anak sebatang kara atau tidak memiliki keluarga, dan sudah tiga hari ini kita lakukan pendataan,” ujarnya saat kunjungan kerja di Polewali Mandar (Polman).

Dia membeberkan ada sudah ada pesantren yang sudah menyampaikan langsung keinginannya menampung para pengungsi.

“Sudah ada pesantren-pesantren bersedia mendidik mengasuh mereka di pesantren, Banyuwangi saja misalnya ada 300 pesantren, dan juga daerah lainnya yang siap mengasuh dengan dana mereka sendiri, atau tanpa dana APBN,” ujarnya.

Khafifah juga menambahkan para pengungsi Rohingya utamanya anak-anak telah ditempatkan dalam satu rumah yaitu Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) milik Kemensos. “Yang jelas tempatnya layaklah,” ungkapnya.

Selain itu, pengungsi Rohingya juga akan diidentifikasi. “Kita akan identifikasi semua, misalnya Istri di Malaysia atau suaminya di Aceh, kita akan reunifikasi,” tuturnya. (ham)

loading...
Click to comment
To Top