RTRW Masih Diperdebatkan Legislator – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

RTRW Masih Diperdebatkan Legislator

FAJARONLINE, MAKASSAR – Panitia khusus rancangan tata ruang dan wilayah (RTRW) DPRD Makassar masih memperdebatkan kawasan bisnis global terpadu di Center Point of Indonesia (COI). Pansus menilai kawasan reklamasi di pantai barat Makassar tersebut sudah masuk dalam draf ranperda RTRW provinsi dan menjadi perdebatan pansus RTRW DPRD Sulsel. Selain itu, CPI dinilai merupakan proyek Pemerintah Provinsi. Dengan demikian Pemerintah Kota Makassar tidak berwenang mengelolanya.

Anggota Pansus, Basdir mengatakan pembahasan ranperda RTRW Makassar sebelumnya tidak pernah membahas secara detail tentang CPI. Misalnya lanjut Basdir, tidak pernah pansus mebahas siapa yang akan mengelola CPI, konsultannya dari mana, kontraktornya dari mana? “Kenapa tiba-tiba harus dimasukkan ke draf ranperda RTRW Makassar,” tanyanya di kantin DPRD Makassar, Kamis 4 Juni.

Perdebatan sesama legislator mulai sejak rapat pansus di ruang banggar sebelumnya. Dia mengaku khawatir jika CPI masuk ke draf akan bermasalah hukum di kemudian hari. RTRW Makassar yang akan memberi legalitas. Menurut dia, tidak masuk akal jika dirumuskan pansus RTRW Makassar lalu kemudian hari dikelola pemprov. “Saya tidak mau bertanggung jawab terhadap hal-hal yang tidak dibahas secara jelas dan detail. Makanya saya meminta CPI dihapus dari draf,” pintanya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top