Salah Sebut Tempat Kelahiran Bung Karno, Jokowi Dikritik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Salah Sebut Tempat Kelahiran Bung Karno, Jokowi Dikritik

JAKARTA – Penyebutan tempat kelahiran Proklamator RI Soekarno yang salah oleh Presiden Jokowi pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2015, mendapat kritik dari salah seorang politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Hafisz Tohir.

Anggota Fraksi Partai PAN DPR RI Hafisz Tohir mengatakan Presiden Jokowi yang menyenut tempat kelahiran Bung Karno di Blitar padahal yang benar adalah di Surabaya itu karena keseleo lidah (Slip of the tongue).

Namun, menurutnya, yang jelas dalam sejarah tata negara, Presiden tidak boleh pernah salah. “Sementara bila presiden salah maka  yang patut disalahkan adalah staf ahli presiden dan Sekretariat Negara,” ujar Ketua Komisi VI DPR RI ini.

Olehnya itu ia melihat ini sebagai kelemahan tim Jokowi, dan harus ada reshuffle yang mendasar, karena sudah merusak tatanan bernegara. “Ini harus ada reshuffle,” kata Hafisz dalam keterangan tertulisnnya.

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2015, Presiden Jokowi menyatakan terkesan terhadap Presiden pertama RI Sukarno. Bahkan setiap berada di tempat kelahiran Sukarno di Blitar, Jawa Timur, Jokowi mengaku, hatinya selalu bergetar.

 

loading...
Click to comment
To Top