Syahrul Penentu Loyalis YL – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Syahrul Penentu Loyalis YL

FAJARONLINE–Sebelum keluarnya putusan MK terkait politik dinasti,  membuat loyalis keluarga Yasin Limpo terus bersosialisasi menyiapkan diri untuk pilkada mendatang. Di Gowa, loyalis dinasti ini terbagi dua, ada yang dekat dengan bupati Ichsan YL dan dengan Gubernur Syahrul YL.

Misalnya Yusuf Sommeng dikenal sangat dekat dengan sang komandan SYL dan salah satu loyalis tulen SYL, sementara senator Bahar Ngitung, Abd Rauf Kr Kio dan Rahmansyah dikenal lebih dekat dengan bupati Ichsan YL walau juga dekat dengan komandan.

Untuk mengamankan para loyalis ini tetap utuh di klan Yasin Limpo, diurai beberapa pengamat dan analis politik. Direktur Lembaga Riset Indonesia (LERI) Sudirman HS menilai memaketkan loyalis tersebut adalah solusi agar mereka tetap solid dibawah bendera klan Yasin Limpo. “Misalnya Yusuf Sommeng dipaketkan Bahar Ngitung atau Abd Rauf Kr Kio, karena kombinasi paket ini juga kuat memenangkan pilkada,” kata Sudirman, Kamis 4 Juni.

Sedangkan Direktur Riset dan Strategi Indeks Politica Indonesia (IPI) Jumardi MD melihat SYL adalah penentu dari utuhnya klan tersebut. “Karena loyalis SYL seperti Yusuf Sommeng dan Bahar Ngitung walau punya peluang menang besar, tentu tidak akan berani bergerak ful tanpa restu sang komandan,” beber Jumardi.

Tentu saja dengan catatan politik dinasti tetap dilarang di pilkada. Kondisi ini berbeda jika Tenri Olle dan Adnan Purichita bisa maju, maka para loyalis tersebut harus bersabar atau memilih melawan. (nur)

loading...
Click to comment
To Top