Tanggul Sungai Barukku Sidrap Jebol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tanggul Sungai Barukku Sidrap Jebol

FAJARONLINE, SIDRAP – Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Sidrap dalam dua hari terakhir berdampak luas. Satu di antaranya tanggul sungai Barukku dilaporkan telah jebol. Akibatnya tiga kecamatan masing-masing Dua Pitue, Pitu Riase dan Maritengngae terendam banjir hingga merendam beberapa fasilitas umum seperti SDN 10 Tanrutedong yang terpaksa meliburkan muridnya. Banjir juga merendam rumah dan areal persawahan.

Tak hanya itu, banjir yang merendam permukiman warga hingga setinggi dada orang dewasa tersebut, nyaris melumpuhkan arus transportasi menuju Kabupaten Wajo. Polisi terjun langsung dititik jalan yang tergenang dibantu warga setempat berupaya mengatur arus kendaraan.

Kanit Patroli Polres Sidrap, Sunarto mengatakan, luapan air hujan naik secara bertahap dan mencapai puncaknya pada pukul 10.00 Wita, Kamis 4 Juni. “Kendaraan sempat tidak bisa melintas karena kuatnya arus air yang cukup tinggi,” ujarnya.

Banjir terparah terjadi di Kecamatan Dua Pitue yang merendam empat desa dan kelurahan. Ratusan rumah warga serta ratusan hektar sawah ikut terendam. Sabir, warga Tanrutedong mengaku, sebanyak 50 ekor sapi miliknya terjebak banjir yang datang tiba-tiba dengan arus deras. Dia mengaku kesulitan mengevakuasi ternak miliknya karena ketinggian air hingga satu meter. (int)

loading...
Click to comment
To Top