Untuk Kewenangan yang Satu Ini, Komisi III Pertahankan KY – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Untuk Kewenangan yang Satu Ini, Komisi III Pertahankan KY

JAKARTA- Komisi III DPR bersikukuh tetap akan mempertahankan kewenangan Komisi Yudisial (KY)‎ dalam merekrut calon hakim agung.

Pasalnya, ‎Komisi III DPR terlanjur jatuh hati dengan proses rekrutmen calon hakim agung yang dilakukan KY dan sesuai dengan amanat UU KY.

“Kami (Komisi III DPR) tidak berharap jadi pintu terakhir seleksi calon hakim agung dan sepenuhnya menjadi kewenangan KY sebagaimana diamanatkan dalam UU KY,” kata anggota Komisi III DPR Sarifuddin Sudding dalam Dialektika Demokrasi bertema “Penguatan KY” di gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/6).

Sebab menurut dia, di Komisi III DPR sangat sarat dengan kepentingan. ‎Politisi Hanura ini mengakui ada upaya dari kelompok masyarakat yang mengajukan judisial review terhadap UU 18/2011 tentang  KY.

Namun ditegaskan Sudding kalau kewenangan KY menyeleksi calon hakim agung sudah harga mati, selain kewenangan ‎lainnya yakni menjaga harkat dan martabat serta kode etik hakim agung.

“Komisi III DPR sangat menghar‎gai apa yang telah dilakukan KY dalam menyeleksi calon hakim agung untuk di fit and proper test. Bahkan KY turun langsung memverifikasi calon hakim agung,” katanya. [zul/rmol]

loading...
Click to comment
To Top