Warga Tolak Pembangunan Pabrik Semen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Tolak Pembangunan Pabrik Semen

WONOGIRI, RAJA – Puluhan warga Giriwoyo yang tergabung dalam paguyuban Aja Khawatir (jangan takut) menggelar aksi unjuk rasa menolak pembangunan pabrik semen di kantor Pemkab Wonogiri dan DPRD, Rabu (3/6). Warga khawatir pembangunan pabrik semen itu akan merampas lahan pertanian milik petani.

Koordinator aksi, Mulyadi, mengatakan warga yang ikut dalam aksi ini berasal dari empat desa yakni Tirtosworo, Guwotirto, Sejati, dan Girikikis. Warga menolak tegas pendirian pabrik semen PT Ultratech Mining Indonesia. “Kami menolak aktivitas penambangan dalam bentuk apapun termasuk pendirian pabrik semen,” ujar Mulyadi saat ditemui wartawan di pendapa Pemkab, Rabu.

Menurut Mulyadi, penambangan di Girowoyo tidak akan menimbulkan dampak positif ke warga. Atas pertimbangan tersebut, kata dia, warga memilih lebih tetap menjadi petani dari pada buruh pabrik. “Pembangunan pabrik semen dan penambangan akan merusak sumber mata air di empat desa. Setelah ada penambangan masuk, warga menjadi tidak rukun,” kata dia.

Dia mengakui setelah Pemkab membuka ruang investasi pertambangan di Giriwoyo warga menjadi resah. Dia menuntut Pemkab mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) eksplorasi batu gamping oleh PT Ultratech Mining Indonesia yang telah dikeluarkan Pemkab tanggal 28 September 2011.

Sementara itu, Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, mengaku akan mempertimbangkan masukan dari warga. Dia siap berada di garis paling depan mengagalkan pembangunan pabrik semen. “Jika warga yang menolak jumlahnya mencapai 25% lebih, saya akan dukung,” kata dia.

Danar meminta warga yang menolak jangan mengintervensi warga yang mendukung. Warga yang menolak ini belum dapat mengambarkan secara global warga di Giriwoyo. “Giriwoyo merupakan daerah dengan kondisi tanah berkapur. Jika warga memilih untuk mengintensifkan pertanian dari pada pertambangan, harus adanya kajian ulang soal potensi pertanian itu,” kata dia.

Terpisah, Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, meminta warga berptokan pada Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Wonogiri. Selama ini, DTRK di Giriwoyo belum jelas. “Persoalan ini akan kami sampaikan ke komisi terkait untuk menindaklanjuti aspirasi warga,” kata dia. (Sp)

loading...
Click to comment
To Top