Waspadai Serangan Balik Mafia Migas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waspadai Serangan Balik Mafia Migas

JAKARTA- Langkah Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno dan Pertamina membubarkan Pertamina Energy Trading Limited (Petral) diapresasi kalangan aktivis.

“Itu bagian dari komitmen para menteri untuk menjalankan agenda perubahan yang diusung adanya rekomendasi pembubaran Petral. Sebab selama ini Petral yang selalu ditunggangi oleh pihak ketiga untuk membangun jejaring permainan tender, selalu merugikan negara,” ujar mantan aktivis mahasiswa 98, Taufan Hunneman melalui pesan singkatnya, Kamis (4/6).

Aktivis antimafia migas ini menegaskan, dengan dibubarkannya Petral, Pertamina pasti akan diuntungkan, terutama dalam menstabilkan harga minyak di Indonesia.

“Dengan dibubarkan Petral dan beralih ke integrated supply chain, jelas-jelas Pertamina diuntungkan dari penjualannya. Karena itu menjadi sangat aneh, adanya beberapa orang yang tetap ingin mempertahankan agar petral tetap dipertahankan,” ketus Taufan.

Ia curiga pihak-pihak yang bersikukuh mempertahankan keberadaan Petral itu justru skenario serangan balik dari para mafia migas dengan memanfaatkan media dan tokoh-tokoh LSM. Menurutnya, Menteri ESDM harus segera melaporkan pihak-pihak yang menikmati rente migas.[wid/rmol]

To Top