70 Persen Pelamar Panwascam Wajah Lama, Panwas Tetap Obyektif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

70 Persen Pelamar Panwascam Wajah Lama, Panwas Tetap Obyektif

PURBALINGGA, RAJA – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kabupaten Purbalingga merekrut calon Panwas Kecamatan yang nantinya akan diterjunkan di 18 kecamatan dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang. Proses rekruitmen melalui seleksi tertulis dilaksanakan di Aula SMK Karya Bhakti Purbalingga. Sedang tes wawancara sudah digelar di Sekretariat Kantor Panwas Purbalingga, Selasa dan Rabu (2-3/6) lalu.

Tes wawancara diikuti oleh 108 orang dari 18 kecamatan yang telah lolos tes tertulis. Dari 108 orang akan diambil 50% dari peserta seleksi yang akan tersebar masing-masing tiga orang di setiap kecamatan.
Seleksi calon anggota Panwas Kecamatan mayoritas didominasi wajah-wajah lama, yang beberapa kali sempat menjadi Panwas, baik Panwas Kecamatan maupun PPL. Bahkan pernah ada yang menjadi Panwas Kabupaten.
Seorang peserta yang mengaku baru pertama kali menaftar sebagai panitia pengawas, mengaku pesimis terpilih melihat banyaknya “incumbent” panwas.
Meski begitu, Ketua Panwas Kabupaten Purbalingga, Dewi Palupi CW SE MM menjamin perekrutan akan berjalan obyektif dan fair. Memang dia mengakui, dari 108 peserta tes wawancara 70% adalah mereka yang pernah menjadi Panwas Kecamatan maupun PPL. “Namun demikian kami menjamin dalam proses rekrutmen dilaksanakan secara obyektif, transparan dan bertanggung jawab,” katanya, Jumat (5/6).
“Kami tetap memegang prinsip dan akan melaksanakan penerimaan Panwas sesuai mekanisme yang berlaku. Kami pun akan memperlakukan para peserta baik baru maupun lama dengan adil dan seimbang. Siapa pun yang lolos seleksi adalah mereka yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam tes. Walaupun orang lama tetapi track recordnya tidak baik, tidak akan diluluskan. Dan kami sendiri tegaskan tidak menerima titipan walau ada orang yang berusaha minta tolong dan rekomendasi agar orangnya diloloskan dalam penjaringan. Kami dengan tegas menolak,” tegasnya. (ysp)

loading...
Click to comment
To Top