Begini Cara Travel Umrah Bodong Manfaatkan Dana Masyarakat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Begini Cara Travel Umrah Bodong Manfaatkan Dana Masyarakat

FAJARONLINE,MAKASSAR — Bisnis umrah murah bodong, muncul dengan berbagai modus yang bermacam-macam. Ada travel yang menggunakan modus investasi, dengan mendepositokan dana masyarakat ke bank, dan berangkat dua tiga tahun kemudian.

Ada juga modus investasi, yang dananya digunakan untuk modal sebuah bisnis. Setorannya misalnya cuma Rp5 juta, hingga Rp15 juta, dan berangkat dua tiga tahun kemudian.

Ada pula dengan modus multilevel marketing (MLM), dengan pola “money game”. Menurut Anggota OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Sulampua, Untung Nugroho, pola-pola umrah dengan modus mengelola uang, dan biaya murah tersebut, tentu tidak diawasi OJK.

“Bahkan, model MLM ini dilarang, karena” jelas Untung, saat menjadi pembicara diskusi Umrah yang digelar Harian Ujung Pandang Ekspress, di Lantai 3 Graha Pena, Jumat 5 Juni.

Diskusi Terbatas Fenomena Umrah Murah tersebut, dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Sulsel, perwakilan Kesthuri (Kesatuan Tour Haji dan Umrah Republik Indonesia), hingga kepolisian.(sbi/wik)

loading...
Click to comment
To Top