Begini Hitung-hitungan Ahok soal Reklamase di DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Begini Hitung-hitungan Ahok soal Reklamase di DKI

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengingatkan bila seluruh lahan reklamasi 17 pulau yang dikerjaan oleh pihak swasta adalah resmi milik pemerintah.

“Seluruh lahan reklamasi 17 pulau itu 100% milik DKI,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (5/6).

Ia juga menambahkan bila pengembang yang menggunakan lahan milik DKI hanya bisa menjula 50% dari luas wilayah yang direklamasi. Namun, seluruh izin mendirikan bangunan (IMB) yang dimiliki oleh pengembang sepenuhnya adalah milik DKI.

Sebelumnya, Ahok mengaku optomis akan ada peningkatan pendapatan DKI dari sektor pajak dari kawasan reklamasi. Ahok sesumbar, mampu mendapat tanah 45 persen dari luas satu pulau.

“Tidak, itu bisa dijual dan akan dijadikan jalur hijau. Lalu lima persen tanah DKI yang bisa dijual akan dipakai Pemprov, untung dong?” klaim Ahok.

Ahok juga sesumbar tidak akan pernah memberikan sertifikat lahan pulau buatan kepada para pengusaha swasta.

“Kalau diuruk (untuk membangun pulau) 100 hektar, maka 100 hektar itu punya DKI. Kamu (pihak swasta) berhak menggunakan 55 persen (lahan), tapi itu pun bukan punya kamu di atas tanah DKI. Dari 55 persen itu, diberikan lima persen milik DKI bisa dibangun (bangunan) komersial,” kata Ahok. [dem/rmol]

loading...
Click to comment
To Top