Butuh Kerja Keras untuk Bongkar Ijazah Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Butuh Kerja Keras untuk Bongkar Ijazah Palsu

JAKARTA – Proses pengurusan ijazah palsu kini tengah diusut oleh aparat Kepolisian. Dari hasil penyelidikan, fenomena ijazah palsu ini sudah lama dan sudah merambah kemana-kemana. Selama ini ijazah palsu bisa dianggap solusi bagi orang yang ingin punya gelar tinggi secara cepat dan instan.

Bahkan, belakangan sejumlah pejabat, baik diinstansi pemerintah maupun Polri juga diduga ada yang menggunakan ijazah palsu ini.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Gerindra, Ahmad Riza Patria, dalam keterangan beberapa saat lalu (Jumat, 5/6).

“Mereka mau gelar tinggi tanpa mau sulit, tanpa mau berpikir. Akhirnya yang ditempuh jalur cepat dan jalan pintas. Makanya pemerintah harus kerja nyata dan ekstra kalau ingin mengungkap maraknya ijazah palsu ini,” ungkap Riza.

Riza mengapresiasi langkah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan). Dalam Surat Edaran, Kemenpan meminta lembagga-lembaga negara untuk melakukan penelitian terhadap keaslian anggota ASN/TNI/Polri.

“Yang terungkap ke publik memang tidak seberapa, tapi bagaimana kasus ijazah palsu yang masih belum ketahuan,” ujarnya. (ysa/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top