DPD Golkar Maluku Tertutup Soal Hak Penjaringan Calkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

DPD Golkar Maluku Tertutup Soal Hak Penjaringan Calkada

AMBON- Meski keputusan islah sudah ditempuh Golkar Musyawarah Nasional (Munas) Bali dan Ancol, namun efek dualisme diinternal Golkar masih terasa. Hal itu berkaitan dengan kewenangan pihak-pihak yang melakukan penjaringan Calon kepala daerah (Calkada).

Berdasarkan penjelasan tokoh senior Golkar, Jusuf Kalla, masalah penjaringan Calkada akan diserahkan ke tim khusus yang dibentuk pusat sebanyak lima orang dan daerah minimal tiga orang. Namun untuk DPD Maluku, belum diketahui, siapa saja yang akan melakukan penjaringan.

Ketua DPD Golkar Maluku, Zeth Sahuburua yang dikonfirmasi memilih diam. Menurutnya masalah itu akan dijelaskan nanti.

“Saya tidak bisa menjelaskan. Kalaupun harus dijelaskan, mesti pada tempatnya,” tepis Sahuburua saat dikonfirmasi wartawan kemarin.

Sahubura juga tidak menanggapi soal pihak yang berhak menandatangani rekomendasi untuk para caleg yang mendaftar.

Namun sebelum itu, penjaringan Calkada Golkar di Maluku sudah dibuka sejak tanggal 11 Mei hingga 20 Mei lalu. Penjaringan dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Maluku, Hamzah Sangadji.

Dari penjaringan tersebut, tiga incumbent, yakni Bupati Buru Selatan, Tagob Sudarsono, Wakil Bupati SBT, Siti Suruwaki dan Bupati BBD, Barnabas Orno sudah mengembalikan berkas pendaftaran ke Golkar Maluku. (IO)

loading...
Click to comment
To Top