Indonesia Dorong AS Pacu Investasi Manufaktur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Indonesia Dorong AS Pacu Investasi Manufaktur

JAKARTA – Kerja sama bisnis dan investasi antara Indonesia dan Amerika Serikat diharapkan makin erat. Peluang peningkatan terbuka lebar mengingat besarnya ukuran ekonomi Indonesia dan Amerika Serikat.
Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, Kamis malam (5/6). Menperin hadir mewakili Pemerintah RI pada resepsi peringatan kemerdekaan AS ke-239 yang akan jatuh pada 4 Juli 2015 mendatang.
“Kita ingin aliran investasi Amerika Serikat lebih deras lagi, khususnya di bidang manufaktur sehingga dapat semakin berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Saleh.
Di bidang investasi, AS merupakan salah satu investor terbesar di Indonesia. Pada tahun 2014, investasi AS mencapai nilai sebesar USD 1,29 Miliar.Pencapaian ini sangat kami apresiasi meskipun terdapat penurunan di bandingkan tahun 2013 yang tercatat sebesar USD 2,43 Miliar.
Ia mengutarakan optimisme atas hubungan ekonomi kedua negara mengingat adanya potensi pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan kawasan dunia lainnya.
Kata Saleh, seiring berjalannya waktu, hubungan ekonomi semakin kuat. Keterlibatan Indonesia dan Amerika Serikat dalam forum bilateral dan forum multilateral lainnya seperti APEC, G-20, dan lain sebagainya telah menjadi tali pengikat yang makin kuat antara kedua negara.
Hingga saat ini, lanjut dia, hubungan kedua negara di bidang ekonomi tercatat sangat baik dibuktikan dengan nilai total perdagangan yang cukup besar yaitu mencapai nilai USD 24,7 miliar pada tahun 2014.
Secara khusus, Saleh menyampaikan ucapan selamat pada pemerintah AS. “Atas nama Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Amerika Serikat atas perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat,” ujarnya.
loading...
Click to comment
To Top