Kekurangan Anggaran, Panwaslu Kurangi Jumlah Pengawas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kekurangan Anggaran, Panwaslu Kurangi Jumlah Pengawas

FAJARONLINE,MAKASSAR – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Barru memastikan akan mengurangi jumlah personel pada tahapan pemilihan kepala daerah pada desember mendatang. Hal ini dilakukan lantaran terbatasnya anggaran hibah dari pemerintah daerah setempat membuat Panwaslu tidak punya pilihan lain untuk menekan jumlah pengeluaran.

“Mau bagaimana lagi. Anggaran yang disepakati tidak cukup, ” kata Ketua Panwaslu Barru, Abdul Mannan, Jumat 5 Juni.

Rencananya, ia meniadakan tenaga pengawas di tingkat kelurahan/ desa serta tingkat TPS. Artinya panwaslu kedepannya hanya akan memperkuat  pengawasan pada tingkat kecamatan. ” Kita upayakan hanya pada di tingkat itu. Dari pada tidak ada sama sekali,” sesalnya.

Mannan menyebutkan, pihaknya telah mengusulkan permohonan dana sebesar Rp 5,8 Miliar untuk  membiayai pengawasan terhadap seluruh tahapan pilkada tahun ini. Namun pemerintan daerah setempat, melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), hanya mengabulkan Rp 1,8 Miliar. “Yang kami dapatakan alasannya adalah ketersediaan anggaran serta hasil rasionalisasi terhadap sejumlah penganggaran yang dianggap kurang mendesak” ungkapnya.

Menurut Mannan, Panwaslu tidak sepenuhnya kehilangan tenaga pengawas di tingkat kelurahan dan di bawahnya. Tenaga pengawas di sektor itu tetap ada, namun hanya akan bekerja selama dua bulan hingga Agustus, yakni pada tahapan verifikasi dukungan bakal calon perseorangan. Adapun tahapan pendistribusian logistik hingga puncak pilkada di hari pemungutan, tidak lagi diawasi. ” Bagaimana caranya. Kemampuan kita hanya pada disitu saja,” ujarnya. (taq/wik)

Click to comment
To Top