Konser Gamelan Akbar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Konser Gamelan Akbar

SOLO, RAJA – Pemerintah Kota Surakarta, bekerja sama dengan Lembaga Lestari Gamelan menggelar Konser Gamelan Akbar di halaman Benteng Vastenburg Solo, 6 Juni 2015, dengan menampilkan komposer muda berkelas internasional.

Konser Gamelan Akbar yang mengambil tema “Gamelan Sebagai Orientasi Estetis dan Apresiasi Bagi generasi Muda” itu akan menampilkan karya-karya dari komposer Lukas Danasmoro, Gendut Dwi Suryanto, dan komponis wanita Yeni Arama alias Kriwil, kata Ketua Panitia Penyelenggara Konser Gamelan Akbar Begog Joko Winarso di Solo, Kamis.

Ia mengatakan tampilnya komposer-komposer muda ini menandakan bahwa regenerasi untuk bidang seni ini berjalan, dan ini bisa dibuktikan nanti dalam karya-karyanya yang akan ditampilkan di halaman benteng Vastenburg Solo, gratis.

Dijkatakan untuk mendorong dan melestarikan kesenian ini Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga telah memberikan tujuh perangkat gamelan kepada kelurahan-kelurahan yang ada di Solo. “Nantinya sebanyak 52 kelurahan yang ada dfi Solo semuanya akan diberikan seperangkat gamelan, tetapi untuk pemberian ini tidak bisa diberikan secara serentak karena terbatasnya dana,” katanya.

Komposer Gendut Dwi Suryanto mengatakan dalam acara tersebut pihaknya yang didukung oleh 20 orang penabuh gamelan akan menampilkan karyanya karyanya yang berjudul “Suh” yang artinya menggambarkan semangat kebersamaan, kedua “Bali-Balian”, tetapi juga tidak akan meninggalkan roh gamelan dan “Klewat”.

Yeni Arama yang akrab di panggil Kriwil lulusan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang sudah malang melintang didunia kesenian khususnya gamelan akan menampilkan karyanya yang berjudul “Manas, Atman dan Sangkar”.

Lukas Danasmoro yang juga lulusan dari ISI Solo, akan akan menampilkan karyanya “Sangkakala” yang menggabungkan gemelan Bali, Jawa dan musik perkusi. Kepiawaiannya sebagai komposer membuat sutradara wayang modern dari Amerika Serikat, Jonathan Lim, memintanya sebagai penata musik untuk karyanya “Bedaya Macbeth”. (In)

Click to comment
To Top