Soal Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK, Begini Komentar Ruhut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Soal Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK, Begini Komentar Ruhut

JAKARTA-Rekam jejak para kandidat calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangatlah penting sebagai jaminan kredibilitas dan profesionalitasnya. Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK dituntut lebih cermat dan teliti soal ini.

“Saran saya ke presiden, Pansel sebelumnya jangan ada yang dipakai. Selain itu, Pansel juga harus lihat rekam jejak calon pimpinan KPK ke Mabes Polri. Jangan sok jagokayak Imam Prasodjo yang minta BW dan Samad di SP3,” ujar anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul saat dikonfirmasi via selular, Jumat (5/6).

Menurut Ruhut, rekam jejak calon komisioner KPK perlu menjadi pertimbangan utama sebelum proses seleksi dilanjutkan. Sebagai institusi penegak hukum, ia menilai Polri layak dimintai pertimbangan terkait persyaratan itu sehingga pimpinan KPK mendatang betul-betul sesuai harapan masyarakat.

“Jangan ada langit di atas langit, mau bersih, tanya polisi. Bedah isi perutnya 10 calon pimpinan KPK,” lanjutnya.

Rencananya, ia dan rekan-rekannya di Komisi III DPR akan melakukan pertemuan dengan Pansel KPK.

Ia pribadi menilai positif komposisi Pansel KPK bentukan Presiden Joko Widodo jika dilihat dari latar belakang keahlian berbeda yang dimiliki masing-masing anggota Pansel.

“Nanti kita akan ketemu pansel, biar saya bilangin. Kalau ada yang salah orang DPR pasti yang disalahin. Aku sudah dua periode seleksi calon pimpinan KPK, yang sekarang bagus, Pansel isinya srikandi-srikandi lengkap ada ahli hukum, IT, dan ekonomi. Terimakasih Pak Jokowi. Apalagi surga di telapak kaki ibu,” tutupnya. [wid/rmol]

loading...
Click to comment
To Top