‎Menagih Komitmen Reformasi Birokrasi Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

‎Menagih Komitmen Reformasi Birokrasi Pemerintah

JAKARTA – Pakar Birokrasi, Eko Prasojo melihat pemerintah baru tidak menunjukkan komitmen. Pasalnya, tidak ada pernyataan politik Presiden Joko Widodo dan para pembantunya melakukan Reformasi Birokrasi. Olehnya itu ia meminta komitmen pemerintah untuk merombak sistem birokrasi di Indonesia harus ditunjukkan.

Eko melihat sejauh ini belum ada pernyataan politik dan komitmen pemerintah terkait Reformasi Birokrasi. Di Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) hanya dijadikan faktor perlu.

“Ini harus diwacanakan. Tapi harus keluar sebagai pernyataan politik. Menunjukkan pemerintah memang serius,” ujar mantan wakil menteri PN RB itu saat acara talkshow di hotel Milenium, Jakarta (5/6).

Kata dia, pernyataan politik diakui sebagai tindakan kunci reformasi birokrasi yang harus dilakukan oleh Presiden. Pasalnya, semua pihak di bawah presiden akan mengikuti kehendak pimpinan. Supaya lebih afdol, Joko Widodo harus melakukan inisiasi gerakan ini yang diawali oleh dirinya.

“Dengan demikian, reformasi birokrasi sebgai kunci pembangunan akan berjalan secara konflik. Seluruh Menteri diyakini ikut bergerak sesuai arahan Presiden. Ini bisa diwujudkan dengan program dan kegiatan. Vocabnya ditunjukkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika tidak ingin memimpin reformasi birokrasi melalui pernyataan politik, Presiden bisa mencoba cara lain. Contohnya saat era pressiden SBY terdahulu, Wakil Presiden, Boediono menjadi pemegang kendali Reformasi Birokrasi.

Hal tersebut bisa menjadi pembelajaran Presiden Jokowi untuk membuat struktur pembenahan pemerintahan.

“Siapa yang melakukan?. Siapa yang bertanggungjawab ketika gagal?. Jadi ketika ada perbedaan pandangan itu ada yang meluruskan secara politik. Dahulu pak wapres yang memimpin,” ungkapnya.

loading...
Click to comment
To Top