FKIP Unismuh Makassar Dan Fak Pendidikan UTM Terbitkan Jurnal ” Pendidikan Nusantara” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

FKIP Unismuh Makassar Dan Fak Pendidikan UTM Terbitkan Jurnal ” Pendidikan Nusantara”

FAJAR ONLINE, MAKASSAR —Salah satu implementasi dari kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universiti Teknologi Malaysia adalah penerbitan jurnal bersama. Untuk itu pada tanggal 3 Juni 2015 kemarin telah diadakan acara peluncuran jurnal international tersebut dalam rangkaian kegiatan International Conference on Education and Science 2015 yang dilaksanakan oleh Fakulti Pendidikan UTM. Jurnal tersebut diberi nama “Jurnal Pendidikan Nusantara”.

” Ini sebagai bentuk kerjasama bagi dua pihak universitas,”hal ini diungkapkan oleh Timbalan Dekan bidang Penyelidikan dan Inovasi Fakulti Pendidikan UTM, Prof. Madya. Dr. Yusof Boon, disela-sela kegiatan kunjungan delegasi dari Universitas Teknologi Yogyakarta dan UIN Maliki, Malang,Sabtu 6 Juni.

Lebih lanjut PM. Dr. Yusof Boon yang juga merupakan alumni dari Univeritas Hasanuddin Makassar ini menyampaikan bahwa jurnal tersebut nantinya akan diterbitkan dalam 3 kali setahun. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat proses pendaftaran jurnal tersebut untuk mendapatkan index dari Scopus.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar apa yang telah dirintis oleh UTM dan Unismuh Makassar ini bisa diikuti oleh perguruan tinggi lain yang telah menjadi mitra Fakulti Pendidikan UTM. “Dalam beberapa tahun terakhir ini Fakulti Pendidikan UTM telah bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. Dan yang paling intens dan gencar mengimplementasikan kerjasama tersebut adalah Unismuh Makassar,” katanya.

Hal ini dibenarkan Direktur Hubungan Kerjasama Internasional Unismuh Makassar Erwin Akib yang saat ini beradi di Johor Malaysia. Menurutnya, kerjasama ini diharapkan bukan hanya pertama kalinya dilakukan. ” Ini hasil dari kerjasama dua kampus ini. Ini suatu terobosan untuk bagaimana kedua kampus ini tetap bekerjasama,” katanya.

 Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassr Andi Sukri Syamsuri menambahkan, keterlibatan FKIP dalam penerbitan jurnal ini agar bisa membuktikan bahwa unismuh peduli dengan pendidikan yang ada di nusantara ini. ” Saya sangat berterima kasih. Akhirnya jurnal ini bisa diterbitkan. Kami berharap, bahwa kerjasama yang dibangun ini jangan hanya sampai disini saja. Tetapi juga bagaimana bisa menumbuhkan pendidikan yang berkualitas di indonesia ini akibat kerjasama dua kampus ini” harapnya. (taq)
loading...
Click to comment
To Top