Panglima TNI Samakan Misi Dalam Membangun Soliditas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Panglima TNI Samakan Misi Dalam Membangun Soliditas

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memberikan pengarahan kepada Taruna Akademi TNI, Taruna Polri dan Praja IPDN serta mahasiswa peserta Latsitardanus (Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara) ke-35 tahun 2015, usai penutupan Latsitardanus ke-35 tahun 2015 di Lapangan Alun-Alun Kota Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (5/6).

Moeldoko dalam pengarahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Taruna dan mahasiswa peserta Latsitardanus ke-35, karena telah bekerja dengan keras dalam kegiatan ini.

“Kita memiliki momentum yang sama, dalam wadah penempatan pendidikan yang sama dan dalam wadah bentuk latihan integrasi yang sama-sama untuk menyamakan visi kebangsaan, yaitu masyarakat yang aman, makmur, adil dan sejahtera, itu adalah misi kebangsaan,” ujarnya.

Selanjutnya kata dia menyatukan misi, karena masing-masing memiliki misi sendiri-sendiri, TNI memiliki misi sendiri, Polisi memiliki misi sendiri, Praja memiliki misi sendiri Sehingga pada saat para taruna selesai pendidikan dan bertugas ditengah-tengah masyarakat atau di lapangan nantinya.

“Ini perlu disatukan untuk membangun sinergitas, tetapi yakinlah bahwa sinergitas itu tidak mudah kalau tidak kita bangun dengan emosi bersama, disinilah tempa  kalian membangun emosi bersama dalam Latsitarda ini, kalau emosi sudah terbangun maka terbangunlah soliditas,” kata Moeldoko.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan, para peserta Latsitarda kemarin ditempatkan dirumah-rumah masyarakat. Makan tidur bersama rakyat, karena mereka adalah calon-calon pemimpin. Seorang pemimpin harus betul-betul memahami apa yang dipikirkan rakyatnya, tetapi jangan jadi pemimpin seperti menara gading.

“Dalam Latsitarda ini juga kalian telah membangun jaringan-networking, untuk itu saya berharap jaga dan pelihara tindakan serta jaga komunikasi yang telah terbangun dengan baik ini jangan berhenti. Untuk itu, momentum ini tetap  dijaga dengan sebaik-baiknya dan jangan diabaikan karena akan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas selanjutnya”, tutupnya.

Latsitardanus merupakan kegiatan kurikulum integratif Taruna Dewasa Akademi TNI, Akademi Kepolisian dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Mahasiswa yang meliputi kegiatan karya bakti bersama masyarakat untuk membangun sarana fisik yang dibutuhkan, seperti jalan, jembatan, dll, serta sarana non fisik seperti penyuluhan/sosialisasi tentang hidup bernegara, membangun kesadaran dalam bela negara dan kesadaran hukum, riset sosial, wisata juang dan bhakti sosial.

loading...
Click to comment
To Top